• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 19 Januari 2021
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Komisi

Komisi C : Perkembangan Covid-19 dan Kesiapan Pihak RS


Pekalongan – Kota Pekalongan masuk zona merah dengan risiko tinggi penyebaran virus Covid-19. Untuk mempercepat upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pekalongan, pihaknya terus melakukan tracing ke sejumlah keluarga pasien atau yang kontak erat dengan pasien. Dengan semakin banyak bertambahnya kasus suspek yang terkena Covid-19, kami selaku komisi C DPRD Kota Pekalongan sangat prihatin. Maka dari itu kami melakukan rapat kerja dengan pihak-pihak yang terlibat dengan penanganan Covid-19, salah satunya dengan pihak RS pada hari Selasa (2-12-2020).



Banyaknya kasus Covid-19 yang semakin bertambah menjadi salah satu perhatian kami selaku komisi C DPRD Kota Pekalongan. Pihak rumah sakit sendiri sudah merasa kewalahan dengan melonjaknya pasien Covid-19, tenaga kesehatan juga tidak luput dari ancaman penularan Covid-19. Tenaga kesehatan sendiri sudah sebanyak 5% yang positif Covid-19, tenaga kesehatan harus mendapat apresiasi dikarenakan mereka sudah menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19. RSUD Bendan sebagai rujukan pasien Covid-19 pun mengeluhkan sudah tidak ada ruang/tempat lagi untuk menampung pasien Covid-19, pasien rawat inap RSUD Bendan sendiri sudah menurun dari jumalah sebelumnya. Dikarenakan masuknya pasien umum terbesar dari IGD, sedangkan IGD tidak bisa menerima pasien umum lagi. Dengan semakin melonjaknya kasus positif Covid-19 kami mengharapkan seluruh RS yang ada di Pekalongan agar berkerja sama menangani kasus Covid-19 ini, berbagai macam solusi juga sudah banyak dipikirkan salah satunya dengan membentuk RS khusus untuk penanganan pasien Covid-19. 



Selaku ketua komisi C bapak H. Makmur S. Mustofa, M.Pd berpesan kepada seluruh RS yang mengikuti rapat “ Dengan saya mengadakan rapat kerja dengan seluruh pihak RS yang ada di pekalongan, saya berharap seluruh pihak yang terkait tetap memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pasien. Semangat kita dalam rangka membantu masyarakat adalah nomer satu, karena kami adalah wakil rakyat yang sudah mereka pilih. Kita juga harus tetap waspada dengan penyebaran Covid-19 yang terus semakin meningkat.



(Humas Sekertariat DPRD Kota Pekalongan)