• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 24 November 2020
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Sidak

Sidak Komisi A : Razia Masker Bersama Satpol PP


Pekalongan – Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 selalu gunakan masker baik saat sehat,sakit,maupun saat beraktivitas di luar rumah. Namun realita yang ada dilapangan berbeda dengan yang ada. Banyak masyarakat yang kurang peka dengan anjuran memakai masker.  Maka dari itu Komisi A DPRD Kota Pekalongan pada Rabu (16/9/2020) melaksanakan sidak dan razia masker bersama Satpol PP terhadap masyarakat.

 

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan,mulai dari flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome ( MERS ) dan sindrom pernapasan akut. Coronavirus sendiri adalah jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019 lalu. Gejala Covid-19 diantaranya adalah demam tinggi, Batuk kering, Sesak napas, Nyeri tenggorokan. Jika ada orang dengan gejala sebagai berikut, maka orang tersebut akan diperiksa melalui pemerikasaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya. Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 Pemerintah menganjurkan masyarakat agar selalu menggunakan masker baik saat sehat, sakit, maupun saat beraktivitas di luar rumah. Klasifikasi masker sendiri berbeda-beda, masker bedah N95 diperuntukan untuk tenaga kesehatan, sedangkan untuk masyarakat umum bisa memakai masker berbahan kain.



Fauzi Umar Lahji, SE selaku ketua Komisi A DPRD kota Pekalongan menuturkan “sidak hari ini, kami selaku komisi A DPRD bersama Satpol PP Kota Pekalongan melakukan sidak dan razia masker  terhadap masyarakat kota Pekalongan. Dalam rangka menyambut instruksi dari Presiden, kami selaku Komisi A ingin menanamkan kepada masyarakat betapa pentingnya memakai masker dimasa pandemi sekarang ini. Dengan diadakannya razia ini kami berharap agar masyarakat luas tidak menanggap enteng Covid-19 ini, dengan menggunakan masker kita bisa menjaga diri sendiri dan menjaga orang lain juga agar tidak terkena virus covid-19. Covid-19 sendiri penyebarannya juga sangat luar biasa, minimal kami ingin meminimalisir pertambahan virus covid-19 dengan melakukan razia dan penyuluhan masker”.



Dengan melihat kondisi yang sedang berlangsung saat ini, kami selaku Komisi A DPRD Kota Pekalongan mengharapkan agar masyarakat kota Pekalongan lebih memperhatikan kesehtan dengan memakai masker, dengan memakainya masker kita dapat meminimalisir akan dampak virus covid-19 yang ada di kota Pekalongan.



Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan