• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 22 Oktober 2020
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Cek

Cek Kesiapan RPH Jelang Idul Qurban, Komisi C DPRD Kota Pekalongan Sidak Bersama Dinperpa Kota Pekalongan


Pekalongan – Menindaklanjuti Rapat Kerja Komisi C pada Senin (20/7/2020) dengan beberapa OPD terkait kesiapan RPH jelang pelaksanaan Kurban 2020 ini, Komisi C beserta jajarannya melaksanakan kegiatan Sidak ke beberapa RPH (Rumah Potong Hewan) yang ada di Kota Pekalongan bersama Dinperpa pada Selasa (21/7/2020).



Kondisi RPH yang baru di Kertoharjo sudah ada perubahan, diharapkan tahun ini bila beroperasi walaupun kurang maksimal dikarenakan adanya pengalihan anggaran terkait Refokusing anggaran Covid19 ini. “Alhamdulillah sudah ada perkembangan pembangunan sejak pertama kita meninjau lokasi RPH ini pada beberapa bulan silam, dari tadinya hanya bangunan saja, sekarang ada ril untuk hewan, alat jegal sapi juga sudah ada, meal market juga sedang dalam proses. Namun masih ada beberapa kekurangan dikarenakan adanya pemotongan anggaran untuk penanganan Covid19 ini, yang semula 1,5 M hanya turun 600 juta saja. Dana 600 juta ini akan dimaksimalkan, dengan harapan Idul Kurban tahun ini sudah mampu beroperasional dahulu meskipun masih kurang maksimal, nantinya akan kita ajukan lagi anggaran untuk melengkapio apa saja yang masih menjadi kekurangan RPH baru ini.” Tutur dr. Dwi Heri Wibawa, M.Kes selaku Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Pekalongan. 



Sementara itu, Kabid RPH pada Dinperpa Kota Pekalongan, ibu Ilena Palupi mengutarakan beberapa persiapan RPH Kertoharjo menghadapi Idul Kurban 2020 ini. “Kita menyiapkan sarpras pemotongan sapi di RPH Kertoharjo, manakala antusiasme masyarakat untuk berkurban sangat tinggi kami siap menampung apabila di RPH Panjang dan RPH Kuripan sudah kewalahan menampung. Sudah kami siapkan sarpras agar ketika hari H kita siap menerima limpahan Sapi dari RPH lain. Sarpras itu diantaranya ada alat pemotong sapi yang hari ini kita pasang, kemudian ruang debone (meatshop) sudah kami kejar agar minggu depan selesai. Untuk kelistrikan kita sudah kordinasi dengan pihak PLN, InsaaAllah kamis nanti akan dipasang tiga phase untuk alat ini, sekarang baru terpasang satu phase. Untuk IPAL sementara kita membuat Sumur Resapan untuk menampung limbah pemotongan nantinya. Dengan ini, diharapkan tahun ini sudah mulai pengoperasionalan tentunya dengan penyempurnaan lagi kedepan.” Ungkap ibu Ilena Palupi selaku Kabid RPH Kota Pekalongan. 



RPH Kertoharjo ini, diharapkan mampu mengurangi beban pemotongan yang ada di RPH lain di Kota Pekalongan, selain itu kedepan diharapkan adanya RPH Kertoharjo ini bisa menjadi tempat yang lebih representatif dan bersih dalam proses pemotongan hewan di Kota Pekalongan. 



Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan