• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 22 Oktober 2020
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Sidak

Sidak Komisi A : Pantau Penyaluran Bantuan Covid19 Di Kecamatan Selatan Kota Pekalongan


Pekalongan – menindaklanjuti hasil rapat kerja mengenai bantuan Covid19 yang telah disalurkan ke masyarakat. Komisi A DPRD Kota Pekalongan pada Selasa (7/7/2020) melaksanakan sidak ke Kantor Kecamatan Selatan Kota Pekalongan, terkait pengecekan penyaluran bantuan Covid19 untuk masyarakat Kota Pekalongan.



Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) telah menyalurkan bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19, bantuan tersebut berupa uang tunai senilai 200 ribu per KK. Total masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Pekalongan adalah 78.489 KK dari keseluruhan jumlah KK sebanyak 99.623 KK, sehingga ada sekitar 70 persen warga  yang terdampak. Untuk kriteria penerima bantuan uang tunai tersebut yaitu masyarakat yang bukan PNS, pensiunan PNS, TNI, Polri maupun bukan pengusaha. Adapun Permasalahan,masih banyaknya pembagian bantuan Covid19 ini yang tidak tepat sasaran. Dengan kata lain banyak warga yang di golongkan mampu masih menerima bantuan,sedangkan warga yang tergolong kurang mampu justru tidak mendapatkan bantuan, dan ini menjadi salah satu sorotan DPRD Kota Pekalongan, khusus nya Komisi A yang terjun langsung memantau ke Kecamatan-Kecamatan.



H. Rizqon, SIP selaku Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Pekalongan menuturkan “pada dasarnya kami datang ke kecamatan-kecamatan untuk evaluasi terkait bantuan dampak Covid19,tapi disini kami juga langsung memantau berkaitan dengan bantuan PKH dan BPMT. Pada dasarnya kami tidak ingin rasa keadilan hilang hanya karena ego ataupun oknum yang menyalahgunakan kewenangan,dari beberapa hal informasi data yang kami dapatkan masih banyak penyelewengan bahkan ada nama penerima tapi orang tersebut tidak menerima. Tapi begitu ada protes akhirnya bantuan dikasih terhadap penerima,lantas data dan barang ini milik siapa? Dan kami tidak ingin ketidakadilan ini terus berlangsung”. “Dengan melihat kondisi yang sedang berlangsung saat ini, kami selaku Komisi A DPRD Kota Pekalongan mengharapkan agar pihak dari kecamatan lebih selektif lagi dalam mendata penerimaan bantuan Covid19 agar bisa tersalurkan dengan tepat sasaran dan kedepannya warga yang tergolong mampu yang menerima bantuan agar bisa mengembalikan bantuan ke kelurahan maupun kecamatan yang terdekat dari lokasi rumahnya.



Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan