• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 21 Oktober 2020
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

BPBD

BPBD Diharapkan Mampu Bersinergi Dengan Dinas Terkait Dalam Menanggulangi Bencana


Pekalongan – Sebagai bentuk dari kesiap siagaan jelang musim penghujan di awal tahun 2020 ini, Komisi C DPRD Kota Pekalongan adakan Rapat Kerja dengan BPBD Kota Pekalongan di Ruang Rapat Komisi C DPRD Kota Pekalongan pada Selasa (14/1/2020). Dalam rapat kali ini Komisi C berkordinasi terkait kesiap siagaan BPBD jelang musim penghujan dan penanggulangan bencana di Kota Pekalongan agar dapat teratasi dengan baik nantinya dan mengurangi dampak dari musim penghujan ini. 



Dalam rapat kali ini, Ketua Komisi C DPRD Kota Pekalongan, Bapak Makmur Sofyan Musthofa menyatakan bahwa kita harus siaga jelang musim penghujan ini. “Rapat kali ini, kami dari Komisi C bermaksud menanyakan sejauh mana kesiagaan BPBD Kota Pekalongan menjelang musim penghujan ini, dan program kerja di tahun 2020 mendatang. Apa saja yang masih menjadi kendala, dan sebagainya. Diharapkan nantinya kita bisa bersinergi dengan baik agar peran BPBD bisa benar benar dimaksimalkan bagi Masyarakat Kota Pekalongan.” Tutur Musthofa.



Untuk saat ini BPBD Kota Pekalongan berusaha dengan maksimal dalam menjalankan perannya di Masyarakat, “Kami berusaha untuk selalu tanggap dalam menanggapi setiap keluhan, permasalahan yang dilaporkan oleh warga. Selain itu kita berusaha memaksimalkan peran serta Ketua RW dalam berkoordinasi terkait apapun yang ada di Masyarakat. Menanggapi perihal penanganan serta kesiap siagaan kami dari BPBD Kota Pekalongan dalam menghadapi musim penghujan kedepan salah satunya adalah kami selalu menjalin komunikasi dengan rekan rekan dari BPBD di wilayah sekitar kita, bagaimana aliran air dari daerah kabupaten saat hujan lebat, jadi kita bisa mengira apa yang harus kita persiapkan saat itu. Selain itu rekan rekan kita di Lapangan selalu siap siaga 24 jam, dimana kita terlelap tidur mereka selalu standby 24 jam menjaga apabila sewaktu waktu terjadi kiriman air. Kita juga menjalin hubungan dengan para relawan, DLH, Dinsos,PMI, Damkar dan pihak terkait dalam menjalankan tugas agar bisa terselesaikan dengan maksimal.” Tutur Bapak Saminta selaku Kepala BPBD Kota Pekalongan. 



Musthofa menganggapi baik terkait pelayanan di BPBD terhadap masyarakat, “saya mendengar pemaparan tadi dari Kepala BPBD terkait pelayanan terhadap masyarakat, saya mengapresiasi kinerja BPBD sekarang. Dimulai dari adanya Unit Reaksi Cepat sebagai upaya tanggap bencana. Jadi Masyarakat bisa mempersiapkan lebih dahulu sebelum muncul bencana, ada  rambu rambu terlebih dahulu dari BPBD terkait perkembangan bencana, baik hujan lebat, potensi banjir, dan sebagainya. Jadi Masyarakat bisa mempersiapkan diri guna mencegah hal hal yang tidak diingikan. Ada upaya pencegahan sendiri dari warga saat musim penghujan ini.” Pungkas Musthofa.

BPBD Kota Pekalongan diharapkan mampu menjalin kerja sama dengan dinas terkait dan bersinergi agar mampu menanggulangi permasalahan bencana yang ada di Kota Pekalongan.



(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)