• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd.pekalongankota.go.id
  • 19 Januari 2020
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Komisi

Komisi A Pantau Kesiapan KPU Dalam Persiapan Pilkada 2020


Pekalongan – Kamis (9/1), Komisi A DPRD Kota Pekalongan berkunjung ke kantor KPU Pekalongan dalam rangka sidak terkait persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah atau Pilwalkot yang diagendakan akan diselenggarakan bulan September 2020. Rombongan Komisi A diterima langsung oleh Ketua KPU, Ibu Rahmi Rosyada didampingi pula Sekretaris KPU Bapak Munsyi Rofiana.

Dalam pertemuan selama kurang lebih 2 jam tersebut KPU memaparkan rincian kegiatan dalam Pilkada 2020 disertai timeline waktunya. Ketua KPU juga menyebutkan saat ini dana hibah dari Pemkot Pekalongan telah dicairkan sejumlah 300 juta dalam termin pertama pencairan dari total anggaran 12 Milyar yang telah ditetapkan di APBD 2020. 



Komisi A menyoroti masalah krusial terkait pelaksanaan Pilkada dalam sesi tanya jawabnya dengan KPU, yaitu perihal kesehatan dan keselamatan petugas KPPS di TPS agar tidak terjadi kasus petugas di lapangan yang meninggal dalam menjalankan tugasnya. Kemudian Robikin, salah seorang anggota Komisi A pun menanyakan soal verifikasi data pemilih sebab seringkali di lapangan terjadi muncul nama pemilih yang sudah meninggal ataupun pindah domisili. Tidak kalah pentingnya soal strategi KPU untuk menarik partisipasi pemilih datang mencoblos ke TPS hal itu turut dikemukakan oleh Mungzilin dan Aminuddin Aziz.



Dalam wawancara usai sidak, Fauzi, Ketua Komisi A menjelaskan maksud tujuan sidak ke KPU tersebut, “kami ingin melihat tahapan awal, sejauh apa kesiapannya dalam rangka penyelenggaraan pilkada dan juga berapa anggarannya. Karena saya melihat pekalongan teramat sangat adem dan sosialisasi itu sudah sejauh mana kita juga belum tahu. Maka kami melakukan fungsi kontrol dengan sidak ke KPU ini  sebagai wakil masyarakat agar apabila kami ditanya oleh masyarakat kami bisa menjawab.” Tutupnya



(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)